Diberdayakan oleh Blogger.

Kontak

Handphone :

Kontak Phone : 085774557493
Sms : 089657837178


WhatsApp

WhatsApp

PIN

PIN

ALTEKINDO

ALTEKINDO
Businessman - Marketeer - Blogger - Trader - Bitcoiner

Histats

Senin, 08 November 2010

Keutamaan Niat

Keutamaan Niat, Umar bin Khattab r.a. berkata yang artinya, "Amal yang paling utama adalah melaksanakan kewajiban dari Allah SWT, bersikap wara terhadap yang diharamakan-Nya, dan meluruskan niat untuk mendapatkan pahala di sisi Allah SWT."

Keutamaan Niat,Imam Nawawi dalam Tahdziibul Asmaa' menceritakan, suatu hari Abu Ishaq asy-Syairaaziy memasuki masjid untuk makan seperti biasanya. Ia beranjak pergi dan uangnya tertingal satu dinar di sana. Di tengah jalan barulah ia ingat, dan ia pun kembali dan mendapati uang satu dinar. Tetapi, kemudian ia meninggalkannya dan tidak menyentuhnya sambil berkata, "Jangan-jangan ini dinar orang lain, dan bukan dinarku." Ini adalah salah satu contoh sikap wara dari seorang ulama yang bernama Abu Ishaq Syairaaziy. Beliau sangat hati-hati dan takut terhadap larangan Allah. Meskipun secara logika uang satu dinar yang dilihatnya itu bisa dipastikan miliknya, tetapi dalam hatinya beliau memilih berhati-hati dan berjaga-jaga dari maksiat, sehingga beliau memilih tidak mengambilnya.

Sebagian salaf berkata, "Alangkah banyaknya amalan kecil menjadi besar karena niat. Dan alangkah banyaknya amalan besar menjadi kecil karena niat."

Yahya bin Abu Katsir berkata, "Pelajarilah niat! Sesungguhnya niat itu lebih dapat menyampaikan kepada tujuan daripada amal."

Suatu ketika Ibnu Umar r.a. mendengar seseorang berucap di awal ihramnya, "Ya Allah, sesungguhnya aku akan menunaikan haji dan umrah." Ibnu Umar bertanya, "Apakah kamu sedang mengajari orang-orang? Bukankah Allah mengetahui apa yang ada pada dirimu?" Yang demikian itu karena niat adalah kehendak hati. Niat tidak diwajibkan bagi seorang hamba untuk melafalkannya di dalam ibadah.

Tidak ada komentar:

Followers

Jadwal Sholat

Prayer Times For 6 Million Cities Worldwide
Country:

Translate

timeline

Chat


Bisnis




SPONSOR

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by HARI YANG CERAH