Diberdayakan oleh Blogger.

Laman

Kontak

(DTB + Bima)
Handphone :
087882483889
081313709313
085778173707

TUKAR LINK PROMOSI (klik iklan yg ingin dilihat)

Sabtu, 19 Januari 2013

Aspek-Aspek Motivasi Belajar


Aspek-Aspek Motivasi Belajar, Aspek motivasi dalam keseluruhan proses belajar mengajar sangat penting, karena motivasi dapat mendorong siswa untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang berhubungan dengan kegiatan belajar. Motivasi yang dapat memberikan semangat kepada siswa dalam kegiatan-kegiatan belajarnya dan memberi petunjuk atau perbuatan yang dilakukannya.

Aspek-Aspek Motivasi Belajar, Selanjutnya Oemar Hamalik mengatakan, aspek motivasi belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut :
1. Metode observasi dan prinsip kebebasan

2. Metode discovery, yakni belajar melalui autonomy of self reward. Siswa memberi stimulasi terhadap dirinya sendiri, sehingga dia sendiri yang melakukan fungsi penggerakan tersebut.

3. Motivasi kompetensi, yang menentukan kebutuhan instrinsik siswa dalam hubungan dengan lingkungannya. Motivasi kompetensi menggerakkan tindakan-tindakan, seperti: menyelidiki, memperhatikan, berbicara dan berfikir, manipulasi dan mengubah lingkungan.

4. Belajar discovery, yakni kelompok belajar terpimpin menggunakan booklet belajar berprogram yang berisi serangkaian pertanyaan dan jawaban, yang disusun secara bertahap sampai pada penyelesaian masalah.

5. Prosedur brainstorming (Torrance). Prosedur ini dimaksudkan agar siswa mampu memproduksi sebanyak mungkin prakarsa (gagasan) yang berbobot melalui diskusi dan kritik.

6. Pemberian harapan, dengan cara merumuskan TIK, tujuan yang langsung, intermediate, dan jangka panjang, perubahan harapan, tingkat aspirasi.

7. Pemberian insentif, dengan ara umpan balik hasil tes, pemberian hadiah, komentar, kerjasama, dan pengaturan tingkah laku siswa dengan cara restitusi (menuntut agar 


siswa melakukan respon yang sebenarnya sebagi pengganti tindakan yang tadinya tidak benar). 

Berdasarkan pernyataan diatas, maka harus dilakukan suatu upaya agar siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi,sehingga siswa yang bersangkutan dapat mencapai hasil belajar yang optimal.


Riduwan berpendapat motivasi dipandang berperan dalam belajar karena motivasi mengandung nilai-nilai sebagai berikut:

1. Motivasi menentukan tingkat berhasil atau gagalnya kegiatan siswa. Belajar tanpa motivasi sulit untuk mencapai keberhasilan secara optimal.

2. Pembelajaran yang bermotivasi pada hakikatnya adalah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, dorongan, motif, minat yang ada pada diri siswa.

3. Pembelajaran yang bermotivasi menurut kreatifitas dan imajinitas guru untuk berupaya secara sungguh-sungguh mencari cara-cara yang relevan dan serasi guna membangkitkan dan memelihara motivasi belajar siswa.

4. Berhasil atau gagalnya dalam membangkitkan dan mendayagunakan motivasi dalam proses pembelajaran berkaitan dengan upaya pembinaan disiplin kelas. Maslaah disiplin kelas dapat timbul karena kegagalan dalam pergerakan motivasi belajar. 

Kegiatan belajar yang terjadi di sekolah merupakan upaya yang sudah dirancang berdasarkan teori-teori belajar, sehingga hasil yang diharapkan maksimal, dengan demikian maka kegiatan belajar yang terjadi di sekolah merupakan realisasi dari upaya diri manusia, sebagai pemenuhan kebutuhan untuk mengembangkan diri dan upaya sekolah yang dalam hal ini merumuskan tujuan negara yang berfungsi sebagai pengarah bagi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang akan diperoleh oleh manusia yang belajar.

Berdasarkan pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dapat diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak psikis didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatna belajar mengajar dan menjamin kelangsungan belajar mengajar untuk memenuhi kebutuhan demi suatu tujuan. Secara umum indikator motivasi belajar sebagai berikut: (1) berminat dalam belajar; (2) perhatian dalam belajar; (3) bergairah dan konsentasi dalam belajar; dan (4) tekun dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Followers

Jadwal Sholat

Prayer Times For 6 Million Cities Worldwide
Country:

Translate

BISNIS ONLINE
YANG DAPAT MELUNASI
LILITAN HUTANG RATUSAN JUTA

SPONSOR

KLIK DISINI:

KIU - KICK - POKER - TOGEL





 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by HARI YANG CERAH